Senin, 21 Mei 2012

Berita Edukasi 21 Mei 2012

Berita Edukasi 21 Mei 2012

TopNews Terbaru : Setelah TopNews Update Berita Terbaru mengenai Akses Jenguk Anggie dibatasi, kali TopNews memberikan Update News mengenai Berita Edukasi 21 Mei 2012. Jika berminat silahkan lihat Berita Terbarunya :

1 ) Prodi Tak Terakreditasi, Mahasiswa Tak Diwisuda
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/496487/
Monday, 21 May 2012
JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan melarang program studi yang belum mengantongi akreditasi untuk melakukan wisuda bagi mahasiswanya. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, pihaknya memberikan batas waktu hingga 16 Mei agar pengelola kampus segera mengajukan surat akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). “Sayangnya hingga batas waktu yang sudah ditentukan masih banyak prodi yang belum mengajukan status akreditasi tersebut,” katanya saat ditemui SINDO kemarin. Berdasarkan data Kemendikbud, masih ada sekitar 6.000 program studi di perguruan tinggi swasta (PTS) yang belum terakreditasi.Bagi mereka akan dikenakan status ilegal,dengan ancaman tidak boleh mengeluarkan ijazah dan menggelar wisuda bagi mahasiswanya yang lulus ujian akhir. Mantan menkominfo ini menyatakan, bermacam alasan dilontarkan para pengelola kampus ketika dimintai keterangan oleh Kemendikbud.
…dst
2 ) Prodi Bodong Diminta Segera Urus Akreditasi
http://kampus.okezone.com/read/2012/05/21/373/632445/prodi-bodong-diminta-segera-urus-akreditasi
Senin, 21 Mei 2012 10:19 wib
SURABAYA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Mohammad Nuh memastikan pihaknya tidak akan gegabah menutup perguruan tinggi (PT) yang memiliki program studi (prodi) belum terakreditasi atau izin operasionalnya habis. Alasannya, Indonesia masih membutuhkan banyak orang terdidik yang memiliki keterampilan mumpuni di bidang masing-masing. Pemerintah tidak bisa seenaknya menutup prodi-prodi yang belum terakreditasi alias bodong. Karena jika itu dilakukan, korbannya adalah masyarakat. Penghentian prodi, kata Nuh, justru akan menurunkan angka partisipasi kasar (APK) di Indonesia. “Anak usia 19-23 tahun di Indonesia yang melanjutkan kuliah hanya 26 persen. Kalau main tutup seenaknya, APK kita bisa-bisa cuma 15 persen. Ini malah merugikan,” ungkap Nuh saat berada di Surabaya, kemarin. Nuh menegaskan, pemerintah akan memberi perlindungan secara hukum dan kelembagaan kepada prodi-prodi PTS yang belum terakreditasi maupun yang telah habis masa akreditasinya. Mereka bisa menjalankan aktivitasnya sebagaimana mestinya supaya bisa mencetak akademisi yang berkualitas.
…dst
3 ) RUU PT Segera Disahkan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/496572/
Monday, 21 May 2012
BANDUNG– DPR kembali membahas Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) setelah mengalami beberapa kali penundaan pengesahan dan diperkirakan tahun ajaran baru ini segera disahkan. Anggota Komisi X DPR Otje Djundjunan mengatakan, penundaan pengesahan RUU itu bukan karena pembahasan yang kurang matang melainkan pemerintah yang meminta menunda.”Tetapi,pemerintah tidak menyampaikan apa yang jadi kendala pengesahan. Kami juga membantah isu liberalisme dan komersialisasi yang disangkakan beberapa pihak,” ujar Otje,kemarin. Menurut dia, anggapan komersialisasi- liberalisme pada RUU PT, karena beberapa pihak tidak membaca utuh isinya. Kalau diperhatikan pasal per pasal dan poin per poin akan ditemukan fakta bahwa RUU PT berpihak pada perbaikan mutu pendidikan.”Dengan amanah UUD 1945, pendidikan harus murah dan mencerdaskan bangsa.Ini tidak ada kaitannya dengan menaikkan harga pendidikan,”katanya.
…dst
4 ) Biaya Kuliah Kedokteran Diusulkan dari Pemerintah
http://www.tempo.co/read/news/2012/05/20/079404955/Biaya-Kuliah-Kedokteran-Diusulkan-Dari-Pemerintah
MINGGU, 20 MEI 2012 | 19:23 WIB
TEMPO.CO, Depok –Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Depok Fakhrurrozi mengeluhkan mahalnya biaya kuliah Fakultas Kedokteran di Indonesia. Guna mengatasi kesenjangan itu, pihaknya meminta agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan yang baru mengatur bahwa biaya pendidikan kedokteran ditanggung negara. Mahalnya biaya kuliah kedokteran mengakibatkan kesenjangan karena yang mampu mengenyam pendidikan kedokteran selama ini didominasi oleh mereka yang kaya. “Selama ini ada kesenjangan bagi di Fakultas Kedokteran. Yang bisa masuk hanya orang kaya karena mahalnya biaya,” kata Fahrurrozi usai acara Fun Bike di Balai Kota Depok, Minggu, 20 Mei 2012. Menurut Fakhrurrozi, dulu hampir semua orang bisa mendapat kesempatan kuliah di Fakultas Kedokteran karena biayanya masih terjangkau. Namun, saat ini biaya yang mencapai ratusan juta mengakibatkan profesi dokter jauh dari harapan masyarakat ekonomi bawah. “Solusinya pemerintah pusat bisa memberikan biaya bagi mahasiswa yang masuk Fakultas Kedokteran,” katanya.
…dst
5 ) Biaya Kuliah Tak Boleh Mahal
http://www.jpnn.com/read/2012/05/21/127925/Biaya-Kuliah-Tak-Boleh-Mahal-
Senin, 21 Mei 2012 , 06:52:00
JAKARTA – Ketua Mejelis Wali Amanah Universitas Indonesia (MWA UI) Said Aqil Siroj yang baru saja terpilih langsung mengeluarkan pernyataan penting. Said yang juga ketua umum PBNU itu menuturkan, komitmen UI belakangan tengah diuji. Menurutnya, ujian itu adalah tren kenaikan biaya pendidikan. “Tren komersialisasinya luar biasa,” kata dia, kemarin (20/5). Untuk itu, Said mengingatkan bahwa UI sebagai salah satu barometer perguruan tinggi di Indonesia sedang diuji apakah mampu menyediakan pendidikan tinggi yang terjangkau dan berkualitas. Pendidikan yang terjangkau dan berkualitas itu juga harus bisa diakses seluruh lapisan masyarakat.
…dst
6 ) Universitas Pancasila Disiapkan Menjadi Pusat Studi Pancasila
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/343
05/21/2012
Jakarta — Universitas Pancasila dinilai mumpuni untuk mengemban tugas menjadi Pusat Studi Pancasila (PSP). Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh Di gedung Kemdikbud, Jakarta (16/05). “Di Universitas Pancasila melekat pemikiran tentang studi pancasila,” katanya. Setelah menjadikan Universitas Pancasila menjadi Pusat Studi Pancasila, kata Mendikbud, tahap selanjutnya adalah untuk mempertimbangkan usulan mengonversi status UP dari perguruan tinggi swasta menjadi perguruan tinggi negeri. Saat ini, kata Mendikbud, Kemdikbud melakukan kajian terkait rencana tersebut. Yang pasti, kata Menteri Nuh, telah ada kesepakatan untuk memperkuat peran Universitas Pancasila melalui PSP. “Yang pasti adalah PSP-nya, selanjutnya akan kita kaji apakah akan diperkuat atau dikembangkan statusnya menjadi PTN,” ujarnya.
…dst
7 ) Dua Institut Teknologi dan Tiga Politeknik Negeri Dibangun Tahun Ini
http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/342
05/19/2012
Surabaya — Guna mendukung pemenuhan kebutuhan sarjana teknik, dua institut teknologi dan tiga politeknik negeri akan dibangun tahun 2012 ini. Kelima institusi pendidikan tinggi bidang teknologi tersebut adalah Institut Teknologi Lampung, Institut Teknologi Balikpapan (Kalimantan Timur), Politeknik Negeri di Subang (Jawa Barat), Fakfak (Papua Barat), dan Sampang (Jawa Timur). “Berdirinya institut teknologi dan politeknik negeri ini untuk mendukung kebutuhan sarjana teknik sebanyak 20-25 persen,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh ketika menghadiri Lomba Cipta Elektronik Nasional (LCEN) 2012 di BG Junction Surabaya, Jumat (18/05).Di Indonesia, hingga saat ini baru berdiri dua institut teknologi negeri yakni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). ITB merupakan warisan Belanda, sedangkan ITS adalah warisan para pejuang. Kedua institut teknologi itu akan menjadi pendamping bagi pembangunan institut teknologi di Sumatera dan Institut Teknologi Balikpapan. “ITS kita percaya membentuk institut teknik di Kalimantan. Tahun ini tahap pembangunan fisik. Kami berharap ITS sebagai ibu kandung institut di Balikpapan,” ujarnya. Sedangkan untuk pembangunan Politeknik Negeri Sampang, akan dibantu ITS dan putra mantan Gubernur Jawa Timur Muhammad Noer, Syaiful Rahman. “Beliau lulusan ITS tahun 69. Selama ini beliau hidup di Seattle Amerika Serikat. Beliau kembali lagi ke Indonesia dan akan membantu politeknik negeri di Sampang,” tuturnya. (PIH)
…dst
8 ) Bantu Evakuasi Sukhoi, Mapala UI Dapat Segepok Duit Dibungkus Koran
http://news.detik.com/read/2012/05/21/104557/1920566/10/bantu-evakuasi-sukhoi-mapala-ui-dapat-segepok-duit-dibungkus-koran?n991102605
Senin, 21/05/2012 10:45 WIB
Jakarta 4 Anggota Mapala UI kaget bukan kepalang tatkala mendapat segepok uang dari Marinir. Uang tunai Rp 100 juta yang dibungkus kertas koran itu diberikan karena Mapala UI dan Marinir merupakan pihak yang pertama tiba ke lokasi jatuhnya Sukhoi. “Wow, kita nggak nyangka ada bantuan itu. Akan kita manfaatkan, mungkin untuk kuliah dan organisasi juga, kita nggak ngira tadi,” ujar anggota Mapala UI, Ridwan, di sela-sela acara yang diundang korps Marinir ke Mako Brigif-2 Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (21/5/2012). Segepok uang itu diberikan Dan Kormar Mayjen TNI (Mar) Alfan Baharudin kepada perwakilan Mapala UI. “Ini bantuan pembinaan buat Mapala UI. Semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” kata Alfan.
…dst
9 ) Harus Selektif Masuk FKIP di Kampus Swasta
Jangan Sampai Kecewa Karena Mengantongi Ijazah Bodong
http://www.jpnn.com/read/2012/05/21/127916/Harus-Selektif-Masuk-FKIP-di-Kampus-Swasta-
Senin, 21 Mei 2012 , 05:38:00
JAKARTA – Tingginya peminat FKIP (fakultas keguruan dan ilmu pendidikan) di kampus negeri (PTN) tidak sebanding dengan kuota yang tersedia. Setiap tahun ratusan ribu pendaftar gugur masuk FKIP di PTN. Momentum ini menjadi santapan empuk kampus swasta yang menjalankan FKIP. Sebelum memutuskan masuk FKIP di kampus swasta, calon pendaftar harus memilih dengan selektif. Himbauan ini disampaikan oleh Sekretaris Jendral (Sekjen) Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Suyatno di Jakarta kemarin. Dia menuturkan, peminat FKIP memang luar biasa. “Profesi guru saat ini memang jadi primadona,” kata dia. Tepatnya setelah ada pemberian tunjangan profesi sebagaimana diatur dalam UU Guru dan Dosen. Tingginya peminat FKIP di kampus negeri memang tidak bisa dipungkiri. Sebaliknya, Suyatno juga mengatakan kuota FKIP di PTN tidak terlalu besar. Untuk itu pasti ada pendaftar yang gugur, dan mengalihkan pilihannya ke FKIP di PTS.
…dst
10 ) FKIP Masih Menjadi Idola
Peminat yang Gugur, Jadi Santapan Kampus Swasta
http://www.jpnn.com/read/2012/05/20/127859/FKIP-Masih-Menjadi-Idola-
Minggu, 20 Mei 2012 , 02:58:00
JAKARTA – Profesi guru masih menjadi idaman sebagian besar calon mahasiswa baru. Kondisi ini setidaknya tergambar dari pola pendaftar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis. Hingga saat ini, program studi (prodi) di rumpun fakultas ilmu pendidikan dan kependidikan (FKIP) ramai diserbut pendaftar. Kecenderungan prodi di FKIP yang ramai diserbut pendaftar SNMPTN ini dipaparkan Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN Rochmat Wahab kemarin (19/5). Tidak tanggung-tanggung, dia memperkirakan pendaftar SNMPTN jalur ujian tulis yang meminati prodi FKIP lebih dari separuh. Pria yang juga menjadi rektor UNY itu menuturkan, kecenderungan banyaknya pendaftar SNMPTN jalur tulis di FKIP ini mengulang fenomena SNMPTN tahun lalu. “Saya rasa sampai pendaftaran SNMPTN (jalur ujian tulis, red) ditutup, pendaftar di FKIP masih mendominasi,” katanya.
…dst
11 ) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru – Kolom Penghasilan Orang Tua Dipertanyakan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/496486/
Monday, 21 May 2012
JAKARTA – Koalisi Masyarakat Anti Komersialisasi Pendidikan menengarai adanya komersialisasi pendidikan tinggi negeri.Salah satunya keharusan pencantuman jumlah penghasilan orang tua dalam formulir ujian tulis seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Koordinator Aktivis Koalisi Masyarakat Anti Komersialisasi Pendidikan Retno Listyarti mengatakan, jumlah penghasilan orang tua merupakan data yang tidak relevan dipertanyakan dalam seleksi masuk calon mahasiswa di perguruan tinggi negeri. “Informasi tersebut akan menjadi alat PTN untuk menjaring calon mahasiswa dari kalangan berada saja,” katanya saat dihubungi SINDO kemarin. Retno mengatakan,adanya kolom jumlah penghasilan ini mewujudkan adanya korporasi dalam dunia pendidikan, khususnya di pendidikan tinggi yang memang memerlukan biaya tidak sedikit.
…dst
12 ) Mendikbud: prototipe mobil listrik nasional jadi 2013
http://www.antaranews.com/berita/311364/mendikbud-prototipe-mobil-listrik-nasional-jadi-2013
Sabtu, 19 Mei 2012 08:58 WIb
Surabaya (ANTARA News) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyatakan prototipe mobil listrik nasional akan jadi pada tahun 2013 karena “roadmap” mobil itu sudah selesai. “Mei ini, roadmap mobil listrik itu sudah selesai. Itu sesuai janji kepada Presiden pada dua bulan lalu,” katanya di sela-sela pembukaan Lomba Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN) 2012 di Surabaya, Jumat. Didampingi Rektor ITS Prof.Dr.Ir. Triyogi Yuwono DEA yang juga masuk tim mobil listrik bersama UI, UGM, dan ITB itu, dia menjelaskan tim empat universitas itu kini ditambah dengan LIPI, BPPT, dan sejumlah BUMN. “BUMN yang terlibat, antara lain PTDI, Inka, Pindad, dan sejenisnya. Jadi, kami serius dan bukan membuat mobil listrik nasional sebatas assembling (perakitan),” katanya. Menurut mantan Rektor ITS Surabaya itu, prototipe mobil listrik yang akan jadi pada tahun 2013 itu akan menjalani penyempurnaan pada tahun 2014, dan diharapkan sudah memulai produksi massal pada tahun 2015.
…dst
13 ) Situs Gunung Padang Bukan Piramid, Tapi Mirip Situs Lebak Sibedug
http://news.detik.com/read/2012/05/21/094024/1920485/10/situs-gunung-padang-bukan-piramid-tapi-mirip-situs-lebak-sibedug?n991103605
Senin, 21/05/2012 09:00 WIB
Jakarta Situs Gunung Padang diyakini Ketua Yayasan Sejarawan Jawa Barat Nina Herlina sebagai punden berundak. Situs itu bukan piramid seperti yang di Mesir. Nina yakin situs itu setipe dengan Situs Lebak Sibedug di Banten. “Ini satu kelas, satu model dengan Situs Lebak Sibedug,” kata Nina yang juga Guru Besar Sejarah Unpad saat berbincang, Senin (21/5/2012). Nina menjelaskan, situs Gunung Padang selama ini memang dikenal peninggalan tradisi megalitikum. Seperti halnya Situs Lebak Sibedug, yang merupakan tempat pemujaan. Lebak Sibedug ditemukan batu-batuan seperti halnya di Situs Gunung Padang. Diketahui, batuan di situs Lebak Sibedg merupakan batuan andesit sisa letusan gunung berapi. “Tim Katastropik purba pernah presentasi bahwa Situs Gunung Padang itu ditemukan magma beku,” tuturnya. Masyarakat pra sejarah, lanjut Nina, dahulu menciptakan bangunan punden berundak sebagai tempat pemujaan. Batu-batu sisa letusan itu, ditata sedemikian rupa. Situs Gunung Padang dan Situs Lebak Sibedug, sama-sama berada di perbukitan. Penggalian di Situs Gunung Padang dilakukan sejak 15 Mei lalu. Tim arkeologi sudah menemukan gerabah dan tembikar di kawasan itu.
…dst
14 ) BKD Manado Buka Pendaftaran Praja IPDN
http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/21/00202814/BKD.Manado.Buka.Pendaftaran.Praja.IPDN
Senin, 21 Mei 2012 | 00:20 WIB
MANADO, KOMPAS.com – Badan Kepegawaian dan Diklat Manado membuka penerimaan calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2012/2013, mulai 21 Mei 2012. “Pembukaan kami buka secara resmi bagi semua lulusan Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah di Manado, dengan sejumlah syarat yang ditetapkan,” kata Kepala BKD Manado, Hans Tinangon, di Manado, Minggu (20/5/2012). Tinangon mengatakan syarat-syarat yang ditetapkan dalam penerimaan ini yang pertama usia calon praja maksimal 21 tahun, berijasah SMA dan MA mulai tahun 2010, 2011 dan 2012. Menurut dia selain peryaratan di atas, ada juga yang harus dipenuhi oleh para calon praja, yakni nilai rata-rata minimal mereka harus 7,00 tidak boleh dibawah itu.
…dst
15 ) Gerhana matahari “cincin api” meredupkan langit
http://www.antaranews.com/berita/311600/gerhana-matahari-cincin-api-meredupkan-langit
Senin, 21 Mei 2012 11:22 WIB
Jakarta (ANTARA News) – Matahari dan bulan berada segaris dengan bumi dalam peristiwa astronomi langka pada Minggu, gerhana yang sekejab membuat matahari membentuk cincin api dan meredupkan langit sebagian kawasan Asia dan Amerika Utara. Tipe gerhana semacam itu terjadi hampir setiap tahun, tapi pengamat bintang tidak melihat bentuk menyerupai cincin api dalam gerhana yang terjadi di Amerika Serikat sejak tahun 1994. Peristiwa semacam itu selanjutnya tidak akan terjadi sampai tahun 2023, demikian menurut laporan dalam laman Kantor Berita Reuters. “Itu karena femomena tersebut membutuhkan tata letak orbit tertentu,” kata ilmuwan luar angkasa NASA, Jeffrey Newmark. Gerhana berbentuk cincin api terjadi saat orbit bulan berada pada titik terjauh dengan bumi dan lebih dekat ke matahari. Posisi sejajar itu membuat bulan menutup lebih dari 90 persen cahaya matahari.
…dst
16 ) Hubungan Gerhana Matahari dan Supermoon
http://sains.kompas.com/read/2012/05/20/18005066/Hubungan.Gerhana.Matahari.dan.Supermoon
Minggu, 20 Mei 2012 | 18:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Fenomena gerhana Matahari akan terjadi pada Senin (21/5/2012) waktu Indonesia. Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan ada pada satu garis lurus, di antara Bumi dan Matahari. Ada 3 macam gerhana Matahari, yakni Total, Sebagian dan Cincin. Gerhana esok pagi, jika dilihat dari Sulawesi dan Kalimantan, akan berupa gerhana sebagian. Sementara, jika dilihat dari Asia Timur berupa gerhana total. Gerhana Matahari cincin esok salah satunya dipengaruhi oleh jarak Bulan dan Bumi yang tak selalu sama, berkisar antara 363.600 km hingga 405.500 km. Jarak terdekat disebut perigee sementara terjauh disebut apogee.”Saat gerhana Matahari cincin, Bulan sedang berada pada titik terjauh jadi ukurannya kecil,” ungkap Thomas Djamaluddin dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) saat dihubungi Kompas.com Minggu (20/5/2012).
…dst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar